8 Gejala Awal Penyakit Diabetes Melitus yang Harus di Waspadai

 

Diabetes-melitus

Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi oleh gangguan kerja insulin dan dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan jangka panjang dan komplikasi jangka pendek seperti penyakit jantung, penyakit gagal ginjal, kematian , amputasi, dan kebutaan.

Penyakit Diabetes melitus bukan hanya diderita oleh orang dewasa saja tetapi sekarang dapat terjadi pada remaja dan anak-anak. Penyakit ini disebabkan karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dan jarang berolahraga mengakibatkan tubuh anda dapat terkena berbagai macam penyakit.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya penyakit diabetes melitus diantara nya faktor keturunan, faktor usia, aktivitas fisik yang kurang, kelebihan berat badan, merokok, hipertensi dan lain sebagainya.

Jumlah orang yang terkena penyakit diabetes melitus saat ini angka nya semakin meningkat dan biasa nya orang yang terkena penyakit diabetes melitus dianjurkan untuk berpuasa supaya mengurangi kadar gula darah yang ada di dalam tubuh. Mulailah menjaga pola hidup yang sehat dan pola makan yang sehat juga. Jangan terlau banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis seperti gula, coklat, permen dan lain sebagainya karena akan menimbulkan penyakit diabetes melitus.

Untuk mendeteksi tubuh anda menderita diabetes atau tidak anda bisa melihatĀ  gejala awal penyakit diabetes melitus dibawah ini. Jika anda mempunyai gejala dibawah ini segera konsultasikan diri anda dengan dokter agar diabetes melitus dapat ditangani dan dapat dicegah dan jika anda mempunyai penyakit diabetes melitus maka rajin lah mengecek gula darah anda secara rutin agar gula darah dalam tubuh anda tetap terkontrol.

Berikut ini 8 Gejala Awal Penyakit Diabetes Melitus

  1. Sering Buang Air Kecil

    Gejala awal penderita diabetes melitus biasanya mengalami peningkatan dorongan ingin buang air kecil secara sering karena penderita diabetes akan sering merasa haus dan mengakibatkan anda sering buang air kecil karena cairan yang ada didalam tubuh anda semakin meningkat.

  2. Sering Merasa Haus

    Peningkatan dorongan untuk buang air kecil akan mempengaruhi cairan yang ada di dalam tubuh anda, sehingga mengakibatkan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan memberikan respon berupa rasa haus dengan tujuan mengembalikan cairan yang hilang.

  3. Mudah lelah

    Penderita diabetes akan merasa mudah lelah disebabkan karena kurang beristirahat dan makan dengan porsi yang banyak. Makanlah dengan porsi yang cukup jangan terlalu berlebihan.

  4. Sering Merasa Kesemutan

    Hampir seluruh penderita diabetes melitus sering merasa kesemutan, biasa nya kesemutan terjadi pada tangan, kaki beserta jemari-jemarinya. Sering merasa kesemutan diakibatkan karena kadar gula darah dalam tubuh meningkat dan membuat serabut saraf mengalami kerusakan.

  5. Gangguan Penglihatan

    Terjadi akibat kadar glukosa naik, sehingga merusak pembuluh darah dan membatasi cairan yang masuk ke mata menimbulkan pandangan mata anda menjadi kurang jelas untuk melihat.

  6. Luka dan Memar yang Sulit Sembuh

    Jika anda mempunyai luka yang sulit sembuh karena kondisi tubuh yang kurang baik membuat sistem kekebalan tubuh anda menjadi tidak normal, hal ini dapat mempengaruhi kesembuhan luka pada tubuh anda memerlukan waktu yang sedikit lama.

  7. Nafsu Makan Meningkat

    Bagi anda yang ingin menggemukan badan mempunyai nafsu makan yang meningkat sangat baik untuk kondisi tubuh anda agar cepat gemuk, tetapi bagi penderita diabetes melitus jika anda memiliki nafsu makan yang meningkat harus anda waspadai karena rasa lapar tersebut bukan karena sel-sel di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan glukosa dari makanan, melainkan karena makanan yang sudah ditelan tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh untuk dipakai dalam proses metabolisme, sehingga muncul rasa lapar dan keinginan untuk makan.

  8. Berat Badan Berkurang

    Bagi anda yang mempunyai berat badan yang lebih mungkin kabar baik untuk anda karena berat badan anda bekurang, tetapi bagi penderita diabetes terjadinya penurunan berat badan memang berhubungan erat sebab tubuh tidak mampu menyerap sumber energi dalam tubuh dengan benar dan akhirnya berat badan anda semakin bekurang.

    Inilah informasi tentang gejala awal penyakit Diabetes Melitus yang harus anda ketahui karena penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi kesehatan lainnya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Facebook Comments