Tips Mengatasi Asam Lambung yang Meningkat

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang sangat serius dan paling umumĀ  terjadi pada banyak orang. Penyakit yang dalam istilah medisnya disebut dengan istilah GERD atau Gastro Esophagel Reflux Disease penyakit ini disebabkan karena kondisi asam lambung yang meningkat yang dapat menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati atau terasa seperti terbakar pada bagian dada.

Asam lambung bisa terjadi kapan saja dan asam lambung dapat terjadi setelah mengkonsumsi makanan seperti terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas sehingga dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman didalam perut dan dapat meningkatkan kadar produksi asam lambung di dalam saluran pencernaan.

Gejala penyakit asam lambung yang sering timbul yaitu :
  1. Rasa nyeri di bagian dada
  2. Sakit tenggorokan
  3. Batuk kering
  4. Bau nafas tidak sedap
  5. Sulit menelan makanan
  6. Perut terasa perih
  7. Munculnya air liur yang berlebihan

Bagi anda yang mempunyai penyakit asam lambung maka anda harus menjaga pola makanan anda dan harus menghindari makanan yang sangat asam untuk mencegah asam lambung naik, bahkan makanan yang digoreng dan berlemak juga harus dihindari karena jenis makanan ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita asam lambung yaitu buah jeruk, tomat, minuman berkarbonasi, alkohol, makanan pedas, makanan berlemak, cokelat.

Berikut Tips Mengatasi Asam Lambung yang Meningkat

  1. Mengkonsumsi Jahe

    manfaat-jahe
    Jahe umum nya digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak , namun jahe juga dipercaya dapat dijadikan obat untuk mengobati masalah gangguan pada perut maupun gangguan kesehatan lainnya dan jahe juga dapat bermanfaat bagi tubuh anda diantara nya dapat menghangatkan tubuh, menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh serta mengobati asam lambung, tetapi jangan mengkonsumsi jahe lebih dari 4 gram agar asam lambung tidak naik.
    Cara yang harus dilakukan yaitu : ambil 4 gram jahe, cuci sampai bersih, parut jahe sampai halus, lalu ambil air nya, dan langsung anda konsumsi.

  2. Mengkonsumsi Lidah Buaya

    Lidah-buaya-yang-kaya-manfaat
    Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda, dan gel yang terdapat pada lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati luka bakar, untuk kesehatan rambut, untuk kecantikan wajah dan mengobati asam lambung.
    Cara yang harus dilakukan yaitu membuat jus lidah buaya cara nya : ambil beberapa bagian lidah buaya , cuci bersih dan kupas kulit nya, ambil gel nya saja lalu masukan ke dalam blender tunggu sampai halus, tuangkan ke dalam gelas lalu segera diminum.

  3. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

    manfaat-sayuran-hijau

    Makan sayuran hijau sangat penting bagi tubuh dan rugi banget jika kalian tidak mengkonsumsi sayuran hijau karena sayuran hijau banyak mengandung vitamin, dan serat yang baik untuk tubuh diantaranya dapat di jadikan menu diet bagi anda yang sedang menurunkan berat badan, dapat melancarkan pencernaan, sayuran hijau juga dapat berfungsi sebagai sumber serat yang rendah lemak. Sayuran hijau dapat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit akibat gangguan kesehatan seperti hipertensi, diabetes, saluran pencernaan , asam lambung dan lain sebagainya. untuk itu rutinlah untuk mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari.

  4. Mengkonsumsi Salad

    salad
    Salad merupakan campuran dari sayuran hijau yang segar, dan buah yang masih segar yang sangat baik untuk di konsumsi bagi penderita asam lambung.

Kebiasaan yang harus ditinggalkan untuk mencegah naik nya asam lambung
  • Hindari kebiasaan makan sambil tiduran
  • Hindari makan dengan porsi yang terlalu banyak
    Lebih baik makan dalam porsi yang kecil dan sering untuk menghindari kegemukan.
  • Jaga berat badan
    Hindari menurunkan berat badan secara drastis bagi yang kelebihan berat badan.
  • Kurangi kebiasaan makan malam dan langsung tidur sehabis makan
    Sebaiknya tunggu 3 jam setelah makan jika anda ingin tidur sehabis makan atau sebaiknya makan lah sebelum pukul 19.00 karena tubuh dapat memproduksi asam lambung secara besar dan dapat membahayakan kesehatan tubuh anda.
  • Hindari kebiasaan merokok
    Merokok dapat menjadi penyebab penyakit asam lambung yang semakin meningkat karena rokok berhubungan langsung dengan lambung, saluran pernafasan, paru – paru karena kandungan zat yang terdapat pada rokok sangat berbahaya diantaranya zat acrolein, karbon monoksida, nikotin, ammonia, formaldehida dan lain sebagainya untuk itu bagi penderita asam lambung sebaiknya berhenti dari merokok yang dapat membahayakan dan merusak bagian organ tubuh anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan tentang asam lambung, gejala penyakit asam lambung, tips mengatasi asam lambung, dan kebiasaan yang harus di hindari untuk mencegah naik nya asam lambung. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Facebook Comments